melleFARM

farm concept
Searching...

BUDIDAYA CACING

21.45
MENGENAL CACING UNTUK BUDIDAYA

Budidaya binatang ternak merupakan satu jenis usaha yang sangat menguntungkan. Akan tetapi budidaya sebenarnya tidak hanya mengacu pada binatang ternak seperti ayam, kambing, itik ataupun sapi saja. Hewan yang dapat dibudidayakan cukup beragam. Bahkan binatang yang tampaknya tidak memberikan manfaat ekonomis seperti cacing tanah juga dapat dibudidayakan dan memberi nilai ekonomis bagi pihak yang membudidayakannya.
Jika diperhatikan, manfaat cacing tanah sebenarnya sangat banyak. Disamping dapat dijadikan pakan ikan atau menggemburkan tanah, cacing tanah ternyata juga dapat dikonsumsi oleh manusia. Tidak tanggung-tanggung, ada beberapa cacing tanah yang dapat menyembuhkan beberapa jenis penyakit tanpa efek samping. Akan tetapi jenis cacing tanah yang dapat dijadikan obat adalah cacing jenis Lumbricus Rebellus. Kandungan protein pada cacing jenis ini sangat tinggi. Bahkan kandungan mencapai 76%. Angka ini jauh lebih besar dibandingkan dengan protein pada ikan dan mamalia


Dalam bidang pertanian, cacing menghancurkan bahan organik sehingga memperbaiki aerasi & struktur tanah. Akibatnya lahan menjadi subur & penyerapan nutrisi oleh tanaman menjadi baik. Keberadaan cacing tanah akan meningkatkan populasi mikroba yg menguntungkan tanaman. Selain itu juga cacing tanah dpt digunakan sebagai:
  1. Bahan Pakan Ternak
    Berkat kandungan protein, lemak & mineralnya yg tinggi, cacing tanah dpt dimanfaatkan sebagai pakan ternak seperti unggas, ikan, udang & kodok.
  2. Bahan Baku Obat & bahan ramuan untuk penyembuhan penyakit.
    Secara tradisional cacing tanah dipercaya dpt meredakan demam, menurunkan tekanan darah, menyembuhkan bronchitis, reumatik sendi, sakit gigi & tipus.
  3. Bahan Baku Kosmetik
    Cacing dpt diolah untuk digunakan sebagai pelembab kulit & bahan baku pembuatan lipstik.
  4. Makanan Manusia
    Cacing merupakan sumber protein yg berpotensi untuk dimasukkan sebagai bahan makanan manusia seperti halnya daging sapi atau Ayam.


0 komentar :

Posting Komentar