melleFARM

farm concept
Searching...

MENGENAL SAPI

09.21


Sapi atau lembu adalah hewan ternak anggota suku Bovidae dan anaksuku Bovinae. Sapi dipelihara terutama untuk dimanfaatkan susu dan dagingnya sebagai panganmanusia. Hasil sampingan, seperti kulitjeroantanduk, dan kotorannya juga dimanfaatkan untuk berbagai keperluan manusia. Di sejumlah tempat, sapi juga dipakai sebagai penggerak alat transportasi, pengolahan lahan tanam (bajak), dan alat industri lain (seperti peremas tebu). Karena banyak kegunaan ini, sapi telah menjadi bagian dari berbagai kebudayaan manusia sejak lama.
(//id.wikipedia.org/wiki/Sapi)
  • MORFOLOGI SAPI
    MORFOLOGI SAPI
    Sapi pada umum nya memiliki tubuh yang besar, namun ada perbedaan antara sapi yang hidup di daerah dingin dengan sapi yang hidup di daerah panas. Pada umum nya sapi hidup di daerah dingin lebih gemuk dari pada sapi yang hidup di daerah panas hal ini di sebab kan oleh karena tubuh yang kecil sangat di butuhkan oleh sapi yang hidup di daerah tropis atau panas sebagai konservatif dari pengaruh kecaman panas.Sapi memiliki rambut, rambut pada sapi yang berbeda-beda, jika ia hidup di daerah panas ia memiliki rambut yang tipis di banding kan sapi yang hidup di daerah musim dingin.Warna sapi cenderung cerah dan bermacam-macam. Sapi pada umum nya makan rumput.Pada sapi di daerah dingin akan banyak bergerak karena untuk mempercepat metabolism dan sapi di daerah panas cenderung berdiam untuk memperlambat metabolism. 
  • ANATOMI 
    ANATOMI SAPI
    Memiliki satu perut dengan 4 kompartemen, yaitu bagian rumen, rikulum,amasum,dan abomasums.Sapi termaksud hewan pemamah biak, yaitu sistem pencernaan memungkinkan memakan dengan cara muntah dan rechewing (mengunyah).Periode kehamilan sapi adalah antara 7-8  bulan. Bobot sapi dewasa tergantung jenis sapi dan cara berkembang biaknya. rata-rata sapi berbobot 753 kg
  • SISTEM GERAK 
    Sapi mempunyai alat gerak berupa kaki, dia memiliki 2 pasang kaki, kaiki tersebut sangat panjang dan tergantung dari besar nya ukuran tubuh dan usia sapi tersebut. Kaki  di gunakan untuk berjalan dan berlari, saat sapi dalam ancaman dia akan berlari jika musuh tersebut lebih kuat dari dia
  • SISTEM PENCERNAANLambung terdiri dari 4 bagian yaitu rumen(perut besar),reticulum(perut jala), omasum(perut kitab),dan abomasum(perut masam). Sapi memiliki lambung sangat besar dan di perkirakan ¾ dari rongga perut. Di lambung terjadi penyimpaan makanan sementara dan terjadi proses pembusukan makanan. Saat mereka makan, makanan dari kerongkongan masuk ke rumen, ke reticulum,omasum,abomasums dan usus halung hingga mencapai anus.
    Ginjal berbentuk seperti biji kacang, ruang median ginjal yang disebut pelvis renalis berhubungan dengan kandung kemih melalui ureter. Dari kandung kemih mengeluarkan uretra yang akan mngeluarkan urin melalui saluran urin.sapi dominan sudah memiliki saluran yang terpisah, tidak seperti hewan vertebrata lain yang menggunakan kloaka. sapi  memiliki saluran pembuangan sisa pencernaan melalui anus, urin melalui uretra, dan saluran reproduksi melalui vagina dan penis. Di anus terjadi pembuang zat sisa makanan.
  • SISTEM REPRODUKSI
    Pada umum nya hewan mamamlia memiliki reproduksi yang hampir mirip,hewan mammalia melakukan fertilisasi internal, perkembangan embrio terjadi di dalam uterus, dengan lama masa kandungan yang bervariasi tergantung pada jenis hewannya,
    alat reproduksi pada sapi jantan adalah testis yang bentuk bulat panjang, terbungkus oleh tunika albugenia yang mengandung syaraf & pembuluh darah yang berkelok-kelok dan menghasil kan sperma, epidedimis, vasdeferens, penis.
    Pada sapi betina oragan reproduksi Gonad (ovarium) – organ penghasil telur Saluran reproduksi betina – dibagi menjadi tuba fallopii/oviduct, uterus (kornua uteri & korpus uter0), serviks & vagina. Alat kelamin luar – klitoris & vulva. Proses perkawinan sapi sama dengan manusia.






  • SISTEM PERNAFASAN & SIRKULASI
    Organ pernapasan pada mamalia/sapi sama dengan organ pernapasan pada manusia. Alat pernapasan mamalia terdiri atas rongga hidung, batang tenggorok, dan paru-paru.
    Bagaimanakah proses pernapasan pada hewan? Pada waktu bernapas, udara masuk melewati rongga hidung. Dari rongga hidung udara masuk ke trakea, dan selanjutnya ke paru-paru. Udara yang kaya oksigen akan diikat darah dalam alveoulus
    Alveolus juga melepaskan gas karbon dioksida sisa pernapasan. System pernapasan pada sapi tidak berbeda dengan domba ,Alur-alur hidung mengandung tulang-tulang turbinal yang berkelok-kelok yang memperluas permukaan olfaktori. Laring beratap sebuah epiglottis yang mengandung pita-pita suara. Dua paru-paru masing-masing dalam ruang pleura yang terpisah. Fase aktif dalam pernapasan adalah inspirasi yang diikuti oleh depresi (perataan) dari diafragma dan elevasi dari tulang-tulang iga (dengan gerakan melengkung keluar).
    Jantung berbilik empat pada sapi mempunyai dua atria dan dua ventrikel yang terpisah secara sempurna. Terdapat sirkulasi ganda (sirkuit sistemik dan pulmoner). Pengiriman oksigen ke seluruh tubuh akan semakin meningkat karena tidak ada pencampuran darah yang kaya akan oksigen dengan yang miskin oksigen, jadi lebih sempurna dari reptile.   Pada pemeriksaan fisik perlu diperhatikan irama dan lajunya dalam semenit serta kualitasnya. Jikalau irama denyut tidak rata, dikatakan ada pulsus irregularis (Soehardo K, 1987). Pada sapi diperoleh data yaitu 54-84 kali permenit. Pemeriksaan pulsus pada sapi dapat dipalpasi pada : arteria maxillaris externa/a. facialis (raba tepi depan m. Masseter dengan jari dan gerakan kemuka dan kebelakang) atau a. coccygea di sebelah ventral dari pangkal ekor.


( http://mamaliasapidarwis.blogspot.com/ )

0 komentar :

Posting Komentar