melleFARM

farm concept
Searching...

SAPI YANG BANYAK DI KEMBANGKAN DI INDONESIA

12.25

Sapi merupakan hewan yang memiliki nilai jual yang tinggi bahkan sampai ratusan juta tergantung bobot atau produksi dagingnya. Indonesia sendiri masih dalam pengembangan produksi daging sapi ka'rena jumlah produksinya belum memenuhi standar konsumsi masyarakat.


Harga sapi di pengaruhi beberapa hal antara lain :
  • jenis kelamin ( sapi jantan cenderung lebih mahai )
  • berat badan ( daging / kg)
  • fisik ( kesehatan sapi )
  • dan pasar ( tergantung situasi " nisal : adanya perayaan qurban dan lain-lain )


Adapun beberapa sapi yang di berdayakan di Indonesia antara lain : 

  1. SAPI ONGOLE

    Sapi ongole memiliki punuk besar dan berglambir (lipatan-lipatan kulit yang terdapat dibagian bawah leher dan perut). Telinganya panjang dan menggantung. Kepala relatif pendek dengan profil melengkung, mata besar dan tenang. Kulit disekitar lobang mata selebar + 1 cm, berwarna hitam, tanduk pendek, kadang-kadang hanya bungkul kecil saja. Tanduk sapi betina lebih panjang dari pada sapi jantan.
    Sapi Peranakan Ongole (PO) adalah hasil perkawinan antara sapi ongole dengan sapi Jawa. Sapi ini adalah jenis pekerja yang baik. Tenaga besar, ukuran tubuh besar, sifat sabar, tahan terhadap panas lapar dan haus, serta mampu mengkonsumsi pakan berkualitas rendah. Sifat dan daya reproduksi sapi PO betina lebih tinggi dibandingkan dengan sapi bali dan madura.
  2. SAPI BRAHMAN
    Sapi brahman adalah keturunan sapi Zebu atau Boss Indiscuss. Aslinya berasal dari India kemudia masuk ke Amerika pada tahun 1849 berkembang pesat di Amerika, Di AS, sapi Brahman dikembangkan untuk diseleksi dan ditingkatkan mutu genetiknya. Setelah berhasil, jenis sapi ini diekspor ke berbagai negara. Dari AS, sapi Brahman menyebar ke Australia. Di Amerika terbentuk perkumpulan pembibit American Brahman Breeder Association, sedangkan di Australia terbentuk Australian Brahman Breeder Association. Sapi Brahman masuk ke Indonesia sejak zaman penjajahan Belanda.
    Ciri khas sapi Brahman adalah berpunuk besar dan berkulit longgar, gelambir dibawah leher sampai perut lebar dengan banyak lipatan-lipatan. Telinga panjang menggantung dan berujung runcing. Sapi ini adalah tipe sapi potong terbaik untuk dikembangkan.
    Sapi Brahman relatif tahan terhadap penyakit dan mempunyai variasi wana kulit yang beragam dari yang berwarna putih, coklat sampai yang kehitaman, Brahman memiliki kualitas karkas yang bagus.
    Ciri khas sapi Brahman adalah berpunuk besar dan berkulit longgar, gelambir dibawah leher sampai perut lebar dengan banyak lipatan-lipatan. Telinga panjang menggantung dan berujung runcing. Sapi ini adalah tipe sapi potong terbaik untuk dikembangkan
    Persentase karkasnya 45-50%. Keistimewaan sapi ini tidak terlalu selektif terhadap pakan yang diberikan, jenis pakan (rumput dan pakan tambahan) apapun akan dimakannya, termasuk pakan yang jelek sekalipun. Sapi potong ini juga lebih kebal terhadap gigitan caplak dan nyamuk serta tahan panas.

  3. SAPI LIMOUSIN

    Sapi limosin merupakan jenis sapi yang awal mulanya dibudidayakan di negara Perancis, awalnya sapi jenis ini diternak untuk menyaingi sapi jenis simental sebagai spesies 
    sapi terbesar yang juga memiliki perawakan panjang, besar dan kekar. Secara fisik kita dapat mengenali sapi limosin pertama dari tubuhnya yang panjang, besar, dan berotot. Dari segi kulit, sapi limosin memiliki bulu yang berwarna coklat namun mengalami gradasi warna pada bagian kepala dan semua ujung kaki. Dengan kedua tanduk yang melengkapinya menambah kegagahan penampilan sapi jenis limosin.
    Dilihat dari sisi ekonomi, harga sapi Limosin masih ditaraf yang cukup tinggi. Memang harga tersebut berbanding lurus dengan kualitas dan jumlah daging yang dihasilkan. Umumnya harga jual sapi limosin masih dua kali lipat harga sapi pedaging biasa. Harga jual yang masih tinggi ini jika dipengaruhi dengan tingkat pertumbuhannya yang cepat membuat para peternak beralih memelihara sapi jenis ini. Mendekati musim kurban/Idul Adha harga sapi limosin cenderung naik, namun tidak mengurangi antusias para konsumen memilih sapi jenis ini untuk sapi kurban. Terkadang terbesit pikiran harga yang dikeluarkan untuk seekor sapi sapi limosin bisa dipakai untuk membeli beberapa ekor sapi Jawa/brahman. Sekedar info, harga bakalan sapi limosin usia 4 bulan di kisaran 6-8 jutaan, harga itu cukup ideal jika kita melihat prospek pertumbuhan kedepannya.
  4. SAPI SIMENTALSapi Simental di kalangan peternak popular dengan sapi metal. Sapi Simental awalnya berasal dari daerah limbah Simme yang berada di Negara Switzerland. Namun sekarang berkembang lebih cepat di Benua Amerika, serta di Australia dan Selandia Baru (New Zeeland), Asia  termasuk di Indeonesia. Sapi ini merupakan tipe sapi perah dan pedaging.  Secara genetik, sapi simental yang berasal dari wilayah beriklim dingin dan merupakan tipe sapi besar
    Ciri fisik dari jenis sapi Simental :
    -Bulunya berwarna kuning hingga kecokelata
    -Bobot tubuh sapi Simental jantan dewasa mampu mencapai 1.400 kg
    -Sapi Simental Betina dewasa 600-800 kg
    -Pertambahan bobotnya mencapai 1,5-2,1 kg/hari

0 komentar :

Posting Komentar